Manfaat Buah Tomat

Manfaat Buah Tomat - Buah Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, masih berkerabat dengan terung, kentang, dan paprika merah ataupun hijau. Tomat termasuk buah karena strukturnya, mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan dan banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan serta sangat baik untuk di konsumsi bagi ibu hamil. Di dalam buah tomat berisi sangat banyak nutrisi penting yang sangat di butuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K dan vitamin B6 serta berisi kalium, folat, thiamin, niacin, magnesium, tembaga, fosfor. Selain itu berisi antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kanker dan penyakit jantung.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah tomat di makan mentah, diantaranya yakni:


Bisa melancarkan saluran pencernaan


Dengan mengkonsumsi buah tomat mentah sangat ampuh dalam mengatasi masalah saluran pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar, karena di dalam buah tomat berisi serat yang bisa membantu usus dalam mencerna makanan yang suli untuk di cerna.


Bisa melindungi kulit dari sengatan matahari


Di dalam buah tomat terdapat kandungan zat likopen yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari secara langsung..


Bisa berguna dalam menguatkan tulang didalam tubuh


Buah tomat juga mampu menguatkan tulang di dalam tubuh, hal ini dikarenakan buah tomat berisi vitamin K yang cukup tinggi sehingga tulang kami akan tetap terjaga dari keropos tulang atau osteoporosis.



Bisa mencegah penyakit diabetes


Di dalam buah tomat berisi zat kromium, zat inilah yang mampu mencegah penyakit kanker secara menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Sehingga kami akan terhindar dari bahaya penyakit diabetes, caranya yakni dengan mengkonsumsi langsung buah tomat yang segar secara rutin.


Bisa meningkatkan kesehatan mata


Apabila terdapat penurunan di dalam penglihatan, segera lakukan pencegahan secara mengkonsumsi buah tomat setiap hari. Hal ini bisa meningkatkan penglihatan mata dengan efektif, karena buah tomat kayak an vitamin A yang dapar berguna untuk meningkatkan kesehatan mata kami.


Bisa menyehatkan rambut dan kulit kepala


Buah tomat juga bisa digunakan sebagai bahan untuk melakukan perawatan rambut, hal ini bisa bermanfat dalam mencegah rambut rontok, rambut kering, rambut berminyak, ketombe, menghaluskan dan melembutkan rambut anda. Caranya yakni bisa anda konsumsi langsung buahnya atau dengan menghaluskan buah tomat memakai blender, kemudian tambahkan 2 sendok makan madu kemudian aduk rata. Setelah itu, campuran ini bisa anda gunakan sebagai conditioner rambut sampai merata. Lebih lanjut bersihkan dengan air bersih dan rasakan hasilnya. Lakukan perawatan ini secara rutin 1 minggu sekali.


Bisa menghilangkan jerawat


Cara untuk menghilangkan jerawat dengan memakai buah tomat yakni dengan mengkonsumsi langsung buahnya setiap hari dan dibantu dengan perawatan luar.


Caranya Bersihkan kulit muka yang berjerawat terlebih dahulu dengan air hangat, setelah itu belah tomat menjadi 2 bagian kemudian gosok-gosokan pada muka anda. Diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, dalam beberapa hari jerawat pun akan hilang.


Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan


Pada artikel sebelumnya, lemak dikatakan sebagai pemicu darah tinggi dan meningkatkanya berat badan. Untuk mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan kerja keras dari berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan.


Apabila Anda sudah banyak berolahraga tetapi berat gak kunjung menurun, coba bantu dengan konsumsi tomat secara rutin sebelum latihan. Tomat gak berisi lemak, justru tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ke-3 nutrisi itu punya peranan penting dalam masalah berat badan, Anda bisa mengatur mereka dengan melakukan aktivitas gerak seperti berlari, gym, dan lain-lain.


Membentuk otot Anda


Pria bertubuh kurus akan susah memperoleh perhatian kaum hawa, itulah mengapa banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk membentuk tubuh menjadi ideal posturnya. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?


Jika ya, maka Anda wajib tahu bahwa selain melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang wajib dilakukan, yakni istirahat. Disaat tidur, otot yang sudah dirusak akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Anda wajib tahu juga bahwa kesempurnaan hasil bentuk dari otot ini juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan.


Ada makanan penunjang pembentukan otot, dan salah satunya merupakan buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang kaya protein, mudah didapat secara pengolahan yang mudah juga. Jadi, sebelum dan setelah latihan, gak ada salahnya Anda makan sepotong buah tomat guna memperbesar kesempatan sukses pembentukan postur atletis.


Mencegah kanker


Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat, penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru bisa ditangani secara efektif oleh buah ini.


Pernyataan itu merupakan simpulan hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan risiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup bisa menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.


Penangkal radikal bebas


Para ahli medis atau spesialis kesehatan memberikan keyakinan pada flavonoid dan zea-xanthin dalam menangkal radikal bebas. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.


Menjaga gigi dan tulang tetap kuat dan sehat


Tomat menjadi penyuplai kalsium yang dimanfaatkan untuk memelihara tulang supaya gak mudah keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan supaya memperoleh hasil yang sempurna.


Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi (Tekanan darah tinggi)


Tubuh menyimpan 2 jenis kolesterol, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jumlah kolesterol baik atau HDL kolesterol wajib lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat, jika gak maka terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi.


Cara mengobati tekanan darah tinggi bisa dimulai dengan upaya yang mudah, seperti makan buah tomat secara rutin. Alasan memilih tomat sebagai makanan yang wajib dikonsumsi merupakan kandungan mineral yang tersimpan di dalam tomat membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.



Membuat jantung bekerja stabil


Terdapat sekitar 235 mg kalium dalam sepotong tomat ukuran sedang. Kandungan itu berfungsi untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara stabil. Manfaat tomat lain yang akan didapat merupakan terjaga dari penyakit jantung dan stroke.


Memenuhi kebutuhan vitamin harian


Jika Anda malas minum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, makan saja buah tomat. Tomat akan memberikan Anda 20% kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan, pada sepotong buahnya. Menurut USDA, semua nutrisi di dalam tomat diperlukan oleh organ tubuh supaya berfungsi dengan baik.


Mengontrol gula darah


Gula dalam darah jangan melebihi batas wajar supaya gak memperbesar risiko diabetes. Anda bisa membantu pengontrolan gula darah dengan rutin konsumsi buah tomat. Tomat menjadi sumber alami kromium yang dibutuhkan tubuh supaya jumlah gula darah gak mengalami pelonjakan.


Mengobati nyeri punggung


Masalah terkait peradangan seperti nyeri punggung wajib diperhatikan cukup serius supaya masalahnya gak berkelanjutan. Jika Anda menderita hal itu, konsumsilah buah tomat secara teratur disambi melakukan pengobatan yang semestinya.


Tomat menunjang proses penyembuhan dengan mentransfer bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti peradangan. Jika nyeri punggung yang Anda alami sifatnya kronis, lazimnya proses pemulihan atau peredaan rasa sakit akan berlangsung cukup lama.

Komentar