Manfaat Tomat Untuk Kulit

Manfaat Tomat Untuk Kulit sebagai bahan alami yang merupakan tumbuhan dari Alam, manfaat dari buah tomat baik untuk kulit, tomat lebih bagus dijadikan krim alami yang kadang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lain seperti jeruk nipis, madu, gula, dan masih banyak lagi. Berikut ini manfaat buah tomat untuk memelihara kulit supaya tetap terlihat kenyal, segar, dan bersih.


Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori muka


Cara membuat masker tomat untuk muka kencang:




  • Blender tomat segar

  • Campurkan 2 sendok makan jus tomat dengan 1 sendok makan air

  • Gunakan kapas untuk mengusap muka yang sebelumnya sudah dibersihkan

  • Pijat semua permukaan kulit muka secara merata selama 15 menit


Mencerahkan kulit


Kulit muka Anda kusam dan sampai sekarang belum tahu rahasia kecantikan untuk membuat kulit muka cerah? Gunakan saja tomat yang punya kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang siap mengatasi masalah yang sedang menimpa Anda.


Caranya pun gak susah, Anda siapkan 1 atau 2 potong tomat segar, iris ukuran cukup tebal. Gunakan setiap irisan untuk menggosok muka secara merata. Dalam seminggu lakukan rutin setiap hari supaya memberikan hasil maksimal, kulit tampak bersinar dan sehat.


Merawat kulit


Selain minyak zaitun yang terkenal khasiatnya untuk merawat kulit supaya tetap sehat, kandungan minyak dalam biji tomat juga mampu merawat kulit Anda secara versus radikal bebas yang bisa mempercepat proses penuaan. Di beberapa klinik kecantikan, minyak biji tomat sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang mengalami kerusakan seperti eksim, psoriasis, kering, dan rusak.


Anda bisa memakai minyak biji tomat secukupnya untuk memijat bagian kulit yang diinginkan. Lakukan perawatan menjelang tidur dan jangan langsung dibersihkan pada malah hari itu juga, melainkan saat Anda sudah terbangun dari lelap.


Menghilangkan jerawat Pada Wajah


Pada beberapa obat jerawat yang terjajahkan di salon atau klinik kecantikan, pada tabel kandungan terlihat rata-rata membutuhkan bantuan vitamin A dan C. Jika Anda ingin membeli obat jerawat semacam salep, lebih baik jangan dulu karena masih ada tomat yang memberikan kedua nutrisi itu.


Selain Vitamin A dan C, tomat juga berisi banyak asam yang bisa menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Pada kondisi jerawat yang kecil, Anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada muka atau bisa juga dijadikan masker selama 1 jam.


Mengatasi permasalahan kulit berminyak


Produksi sebum berlebih bisa membuat muka dipenuhi minyak dan bila terlihat dari jauh menjadi berkilau. Apabila gak segera diatasi berbagai masalah lain siap hadir juga pada muka Anda, seperti jerawat, flek hitam, dan bahkan komedo.


Langkah mudah untuk mengatasi kulit berminyak dengan tomat merupakan membuat jus dari 2 potong tomat yang dicampurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun. Gunakan masker pada muka secara mengoles gunakan kapas, kemudian diamkan sampai kering dan bilas sesudahnya. Jika rutin melaksanakannya, minyak pada muka akan lebih terkontrol dan pori-pori ikut mengecil.


Menjaga Kulit tetap awet muda


Salah satu rahasia awet muda para artis cantik papan atas merupakan buah tomat. Di waktu luang Anda bisa mencoba melakukan serangkaian kegiatan yang sifatnya skin treatment dengan memakai tomat sebagai bahan dasarnya.


Tomat bisa memperlambat penuaan dengan menyerap oksigen secara maksimal. Anda hanya perlu melakukan perawatan itu secara rutin di waktu luang, bisa pagi atau malam hari.


Melindungi kulit dari Sinar ultraviolet


Sinar matahari yang langsung tentang kulit bisa merusak struktur permukaan. Contoh masalah kulit yang terjadi akibat terlalu sering terkena terpaan cahaya matahari merupakan kering, bersisik, busik, dan kusam. Jika Anda memilik salah satunya, maka Anda perlu tahu bahwa tomat bisa digunakan sebagai tabir surya alami.


Di dalam tomat terdapat antioksidan bernama likopen yang beraktivitas sebagai pelindung kulit dari sinar UV. Sebelum pergi ke kantor, Anda bisa konsumsi segelas jus tomat, hal ini membantu perlindungan dari dalam. Jangan lupa berikan juga krim tabir surya bermerek yang cocok untuk jenis kulit Anda.


Menyegarkan mata


Sepulang ngantor pasti mata lelah dan ingin sekali dibuat tidur. Ada baiknya sebelum bergegas mengistirahatkan mata, lakukanlah pemijatan ringan pada semua permukaan muka Anda dan tempelkan 2 iris tomat ke kedua mata Anda (menutupi kedua mata).


Tomat akan merileksasikan mata Anda yang lelah karena sudah seharian dimanfaatkan untuk bekerja. Jika Anda memiliki kantung mata, memakai potongan tomat juga bisa membantu menghilangkannya.


Mencegah kerusakan sel Pada Tubuh


Kerusakan sel akan membuat kulit menjadi bermasalah, tampak kemerahan dan bahkan bisa timbul kerutan yang membuat Anda terlihat 10 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. Kondisi ini sering disebut dengan radikal bebas.


Untuk membantu mencegah kerusakan sel, Anda bisa konsumsi setidaknya 16 miligram likopen yang terdapat dalam tomat setiap harinya. Setelah makan siang, ganti minuman bersoda Anda dengan jus tomat yang lebih menyehatkan.


Memutihkan kulit tubuh


Cara membuat krim tomat untuk memutihkan kulit:




  • Bersihkan kulit dengan membasuhnya dengan air.

  • Campurkan 1 sendok teh oatmeal, yoghurt, dan 2 sendok teh tomat yang sudah ditumbuk lembut.

  • Oleskan bahan campuran pada muka, leher, dan bagian kulit tubuh lain yang diinginkan.

  • Diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan.


Perawatan dengan campuran ke-3 bahan itu akan membantu menghilangkan noda yang menutupi kulit, mengelupas sel kulit mati, dan menenangkan kulit tegang.


Mencegah kulit terbakar


Menurut Prevention Magazine, orang yang dalam 3 bulan mengonsumsi 5 sendok makan pasta tomat setiap harinya akan membuat kulitnya terlindugi dari masalah terbakar akibat matahari. Meskipun kulit sudah terbakar, pasta tomat bisa membantu mengobatinya.


Gunakan campuran 2 sendok teh tomat dan 1 sendok teh yoghurt, oleskan pada permukaan muka, leher, tangan, dan kaki secara merata setelah beraktivitas. Kandungan di dalam tomat akan menyegarkan kulit, sedangkan yoghurt membuat kulit menjadi elastis dan lembut.


Menghaluskan kulit


Kulit yang lembut menjadi aset berharga bagi setiap orang, khususnya wanita. Selain memperoleh nilai plus di mata orang sekitar, kulit lembut juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Sangat banyak model yang melakukan perawatan kulit supaya lembut dengan memakai tomat, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?


Blender tomat dan campurkan dengan madu secukupnya sampai menjadi pasta tebal. Oleskan pada muka secara merata, berikan pijatan relaksasi dengan gerakan melingkar. Terus lakukan sampai tomat yang sudah lembut habis, barulah dibersihkan memakai air hangat. Jangan keluar tempat tinggal setelah menjalani perawatan untuk mencegah debu menempel pada permukaan muka yang sudah bersih.anda juga bisa baca manfaat lainnya Manfaat Buah Pisang dan Manfaat Buah Naga.

Komentar