Cara Menghilangkan Stres

Cara Menghilangkan Stres - Stres merupakan sesuatu kondisi tubuh yang sedang gak nyaman akibat pikiran yang menampung beban berlebihan. Kondisi stress ini sering dibarengi dengan timbulnya rasa penat yang akan menggangu kondisi mental dan kesehatan fisik apabila berlangsung dalam waktu yang lama. Di ujung lain, kehidupan orang memang gak akan bisa jauh dari stres karena hidup ini pada dasarnya merupakan sebuah proses dan adakalanya senang dan susah. Terdapat beberapa indikator stres pada seseorang yang bisa dilihat dengan jelas seperti labil dalam bertindak, bekerja dengan terburu-buru dan masih banyak lagi.


Penyebab stress yang pertama adalah faktor ekonomi. Seperti diketahui bahwa banyak tidak semua orang itu terlahir dari keluarga yang kaya atau berkecukupan. Terlebih lagi di Indonesia yang notabene merupakan negara berkembang dan sebagian besar penduduknya masih banyak yang berstatus sosial tingkat bawah. Faktor ekonomi ini menjadi pemicu utama dari kondisi stres. Banyak cara yang bisa ditempuh untunk mengatasi stres semisal dengan pergi ke psikolog. Tetapi gak semua orang mampu melakukannya dikarenakan berbagai alasan. Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres.


Sangat banyak tips maupun cara yang bisa kami lakukan untuk menghilangkan stress itu. Salah satunya dengan melakukan aktivitas atau kegiatan -kegiatan yang menyehatkan seperti misalnya berolahraga. Tapi ternyata bukan hanya berolahraga saja yang bisa membantu menghilangkan stress itu. Tips kesehatan akan mengulas berbagai tips efektif untuk menghilangkan stress itu.


1. Mengidentifikasi sumber stres


Cobalah untuk melacak apa yang paling membuat Anda bisa merasa tertekan. Kadang-kadang berbagai sumber luar seperti lingkungan kerja, tempat tinggal, beban pikiran yang terlalu banyak atau mungkin masalah pasangan dan keluarga yang jadi pemicu utama atau jangan-jangan biangkeroknya dari pikiran Anda sendiri, kekawatiran, juga kondisi emosi yang gak stabil bisa memicu kondisi stres.


2. Menganalisis jadwal waktu Anda


Jika Anda merasa terbebani dengan banyak tanggung jawab, cobalah untuk menganalisa, mengatur dan memprioritaskan tugas-tugas Anda dengan membuat daftar yang wajib dilakukan dan menyoroti tugas-tugas yang paling penting dan harus segera dilakukan. Kemudian, membagi slot waktu sesuai dengan prioritas tugas. Jika beberapa tugas sangat besar dilakukan pada 1 waktu, bagilah tugas dalam kelompok-kelompok kecil. Jangan membebani diri sendiri dan coba untuk menemukan waktu untuk bersantai sejenak. banyak yang bilang bahwa manajemen waktu adalah kunci keberhasilan dan jika Anda mengatur waktu dengan baik, maka Anda merasa lebih fokus dan energik dan stres akan jauh dari anda.


3. Jangan menekan pikiran dan emosi


Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berkata sopan dengannya serta ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah akan membuat keadaan menjadi tambah rumit.


4. Berikan waktu untuk diri sendiri


Cobalah untuk bersantai. Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga Anda, membaca buku atau menonton film favorit, main olahraga favorit setiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman, akan betul-betul menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.


5. Bergaul dengan orang-orang positif


Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.


6. Pola makan yang sehat dan seimbang


Faktanya saat orang-orang dilanda stres, mereka mulai lebih sering makan junk food, meningkatkan asupan teh atau kopi. Semua ini justru mengakibatkan kondisi traumatik yang parah. Seseorang layaknya harus selalu punya menu harian yang sehat dan seimbang lengkap dengan komponen nutrisi yang cukup. Makanan organik dan termasuk sayuran berdaun hijau maupun buah-buahan memiliki anti-oksidan dan vitamin C akan cepat membantu menurunkan hormon stres. Hindari alkohol, merokok, teh, kopi dan minuman ringan. tambah Meningkatkan asupan karbohidrat seperti gandum, beras merah atau gandum utuh karena mereka membantu dalam merangsang pelepasan bahan kimia serotonin yang membantu menenangkan pikiran.


7. Musik sebagai terapi


Musik bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano saat Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba. Tetap aktif dan berolahraga setidaknya 30 menit sehari


8. Cukup tidur


Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kami dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kami gak mendapatkan cukup tidur, tubuh kami tetap lelah, gak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang lebih lanjut mengarah ke stres.


9. Tertawa


Dikatakan bahwa tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa tahap susah dalam hidup, jangan kehilangan senyum di muka Anda dan hadapilah sebagai 1 orang pejuang yang gak pernah mengutuk takdir.


10. Bermeditasi


Meditasi merupakan obat stres berat. Saat kami berlatih meditasi, energi total dari pikiran kami berkonsentrasi pada 1 kata, atau suara atau simbol. Ini akan menenangkan pikiran Anda, memberikan relaksasi, meningkatkan fokus mental dan konsentrasi. Meditasi melepaskan semua pikiran negatif, ketakutan, dan kecemasan.


11. Pernapasan perut


Secara umum, orang bernapas dari dada bagian atas yang bermakna kami mengambil napas dangkal. Saat kami stres, maka napas kami menjadi dangkal yang bermakna kurangnya oksigen dalam tubuh. Sedangkan pernapasan perut gak hanya melibatkan paru-paru tetapi juga perut atau diafragma. Ini memberikan lebih banyak oksigen dalam darah dan membantu otak untuk membuat gelombang panjang dan lambat yang menenangkan pikiran Anda dan membantu dalam mengurangi tingkat stres.


12. Yoga


Yoga cukup mumpuni untuk versus depresi, stres dan kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah dan konsentrasi dan membuat sistem kekebalan tubuh yang kuat. Yoga melibatkan semua organ penting dalam tubuh Anda dan melepaskan semua racun. Tapi jika Anda melakukan gerakan yang salah, ada kemungkinan untuk cedera. Jadi disarankan untuk mengambil beberapa sesi yoga di bawah asuhan 1 orang guru yoga.


13. Pijat


Pijat dengan jari juga membantu untuk melepaskan ketegangan dan stres. Saat titik-titik tertentu ditekan, ada sensasi sakit ringan. Ada banyak titik-titik tekanan pada tubuh kami.


Penyebab stress lainnya adalah masalah percintaan. Biasanya hal ini melanda para remaja yang memang sedang menikmati cinta pertamanya. Selain itu, gak jarang orang dewasa atau yang sudah berkeluarga juga mengalami stres akibat konflik percintaan dan kepenatan tempat tinggal tangga. Dari semua faktor pemicu stres diatas bisa disimpulkan bahwa kondisi stress bisa terjadi akibat obsesi terhadap kesempurnaan, kurangnya minat untuk melakukan sesuatu, merasa heran akan sesuatu kepastian, berpikiran negatif, gak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan bersenang-senang dan masih banyak lagi. Setelah mengetahui berbagai penyebab stress, sekarang kami akan ulas tentang beberapa cara menghilangkan stres paling ampuh berikut ini.

Komentar