Inilah Orang yang Salat Bersama Setan

Inilah Orang yang Salat Bersama Setan - Salat merujuk kepada ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktik salat wajib sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad sebagai figur pengejawantah perintah Allah. Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat karena menurut Surah Al-'Ankabut bisa mencegah perbuatan keji dan mungkar.


Mencapai khusuk dalam salat bukan perkara mudah. Ada saja tindakan atau pikiran yang pada akhirnya mengurangi kekhusukkan dalam salat. Hal itu gak terlepas dari ulah dan tipu daya setan. Golongan yang tercipta dari api ini selalu menggoda orang supaya shalatnya gak sempurna. Itulah mengapa orang wajib selalu waspada, terutama saat melakukan ibadah wajib ini.


Inilah orang ini bersama setan saat sedang menjalankan shalatnya. Bukan mengikuti orang melakukan shalat, tetapi setan gak berhenti mengganggu sampai orang terperdaya. Siapa saja orang itu? Berikut informasi selengkapnya.



1. Orang Merasa Was-was Saat niat


Orang bersama setan saat salat adalah mereka yang merasa was-was dalam niat. Lazimnya perasaan was-was ini akan berlangsung sampai saat salat. Hal itu membuat orang ragu terkait rukun salat yang seharunya dijalankannya. Misalnya saja lupa jumlah rakaat dan lupa bacaan.


Jika mengalami ini anda patut waspada, karena sebenarnya anda sedang bersama dengan setan yang menggoda. Setan Menghembuskan Was-was dan Syubhat dalam diri orang. Hal ini sudah dilakukan sejak awal permusuhannya dengan Allah SWT. Yakni saat setan menggoda Nabi Adam dan Siti Hawa untuk memakan buah Khuldi.


Kemudian setan membisikkan pikiran jahat (waswas) kepadanya, dengan berkata, ”Hai Adam, maukah aku tunjukkan kepada anda pohon khuldi (kekekalan) dan kerajaan yang gak akan binasa? ” [Thaha 20:120].


2. Orang yang ingat itu dan ini


Diantara kami pasti sering mengalami hal ini. Saat sedang khusuk salat, tiba-tiba teringat hal ini dan itu. Ternyata setan gak akan membiarkan orang salat dengan khusuk. Mereka akan terus mengganggu ibadah orang dengan menghadirkan banyak pikiran-pikiran di kepala orang.


Ada sesuatu kisah pasa saat Imam Hanafi masih hidup. Seseorang datang kepadanya karena lupa menaruh sesuatu barang. Imam Hanafi menyuruhnya untuk salat dengan khusuk sepanjang malam dan berdoa kepada Allah supaya barang yang hilang bisa ditemukan.


Saat menjalankan perintah itu, ternyata baru setengah malam saja orang yang kehilangan barang tadi bisa mengingat dimana ia menaruh barangnya. Keesokan harinya Ia bertanya kepada Imam Hanafi mengapa demikian. Si Imam kemudian menjawab, bahwa setan gak akan senang apabila 1 orang hamba khusyu dalam sholatnya, sehingga setan akan membuatnya mengingat apa yang ia lupakan saat sholat.


3. Merasa Ragu Saat Buang Angin


Hal ini juga sering dialami oleh banyak orang. Saat selesai wudhu atau sedang salat, tiba-tiba terasa seperti buang angin. Ternyata perasaan ragu buang angin atau gak merupakan 1 buah gangguan yang setan hembuskan untuk mengacaukan sholat seseorang.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Jika salah 1 orang diantara kalian merasakan hal itu, maka janganlah membatalkan shalatnya sampai ia mendengar suaranya atau mencium baunya tanpa ragu. ”(H. R Ahmad)



4. Tidak Fokus Pada Sholat


Gak fokus saat melakukan salat juga menjadi salah satu pertanda bahwa setan sedang bersamanya. Gak fokus bisa saja disebabkan hal-hal yang bisa mencuri perhatian saat salat. Misalnya hp berdering, memikirkan kendaraan yang sedang diparkir karena takut hilang dan banyak lagi. Dalam 1 buah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu 'anha, ia berkata:


Saya bertanya kepada Rasulullah tentang hukum menengok saat sholat”. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, “Itu merupakan curian setan atas sholat 1 orang hamba”. (H. R Bukhari)



5. Orang yang sholatnya Terburu Buru


Karena ingin mengerjakan hal lain, lazimnya seseorang salat dengan cepat dan tergesa-gesa. Sebaiknya anda lebih berhati-hati lagi terhadap hal ini. Karena sebenarnya, ini pertanda bahwa anda sedang bersama setan. Rasulullah SAW melawang umatnya melakukan hal itu. Dalam 1 buah hadits Rasulullah bersabda:


Sejahat-jahat pencuri merupakan yang mencuri dari shalatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, gimana mencuri dari sholat? ”. Rasulullah berkata, “Dia gak sempurnakan ruku dan sujudnya” (H. R Ahmad)


Dalam hal ini Rasulullah menganggap perbuatan mencuri dalam sholat lebih buruk daripada mencuri harta.



6. Wanita yang shalat ke masjid memakai wangi-wangian


Ternyata wanita yang ke mesjid dengan memakai wewangian juga didekati oleh setan. Dengan aroma-aroma itu setan justru lebih mudah untuk membuat salat orang yang terdapat disekitar wanita yang memakai wewangian supaya gak khusuk. Memakai wangi-wangian saat ke masjid merupakan salah satu perbuatan yang Rasulullah larang.


Rasulullah bersabda, yang maknanya: “Jika salah satu dari kalian(para wanita) akan ke masjid, maka janganlah sekali-kali menyentuh wewangian. ”(H. R Muslim)


Semoga kami cepat menyadari saat mengalami 6 hal di atas. Jangan sampai ikut terpedaya. Dan hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Wallahu A'lam Bishawab.

Komentar