Tanda Tanda Sindrom Kurang Gizi Bagi Wanita

Tanda Tanda Sindrom Kurang Gizi Bagi Wanita - Memiliki tubuh yang sehat dan bugar menjadi dambaan bagi setiap kaum wanita dengan tubuh sehat, mereka akan merasa lebih nyaman melakukan aktivitas sepanjang hari. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat tersebut salah satunya merupakan dengan melakukan olahraga.


Akan tapi meningkatnya aktivitas untuk olahraga ini bisa menimbulkan masalah lho? Wanita yang terlalu ekstra dalam melakukan olahraga ternyata bisa terkena sindrome female athlete triad. hal ini sebenarnya ada beberapa tanda terkait sindrome ini, tetapi banyak wanita yang gak menyadarinya karena merasa sudah makan dengan pola yang benar. Berikut ini merupakan Tanda tanda wanita yang terkena sindrom kurang gizi.



Menghindari Makan Setelah Olahraga


Banyak wanita yang enggan mengkonsumsi makanan setelah melakukan olahraga. Alasannya adalah mereka gak ingin kalori yang sudah terbakar saat olahraga akan kembali lagi saat makan sesuatu. Tetapi sebenarnya anggapan itu adalah 1 buah kesalahan. Karena setelah berolahraga, tubuh justru perlu nutrisi untuk memulihkan diri. Itulah penyebabnya mengkonsumsi makanan sehat seperti omelet sayuran dan buah akan memberi sel-sel tubuh untuk memulihkan setelah rusak saat olahraga.


Hal sebaliknya akan terjadi saat gak makan setelah olahraga. Tubuh akan menjadi lemah dan seterusnya akan mengakibatkan latihan menjadi buruk. Gak hanya itu, tubuh pun akan rentan terkena cedera. Saat hal ini terjadi secara berulang-ulang maka si atlet wanita akan mengalami gizi yang buruk.



Merasa Lelah Terus Menerus


Rasa lelah bisa diakibatkan karena beberapa hal seperti stres, kurang tidur dan kurang makan. Perasaan lelah yang terjadi terus menerus bisa menjadi tanda bahwa wanita itu sedang mengalami kekurangan gizi. Banyak wanita yang gak ingin makan saat malam hari karena takut mengalami kegemukan.


Akibatnya merupakan tubuh akan kekurangan kalori untuk memenjalankan fungsi seperti detak jantung, pernapasan dan peredaran darah saat tidur. saat tidur, tubuh perlu 10 kalori untuk setiap setengah kilogram berat badan tubuh. Kebutuhan kalori itu akan menjadi lebih tinggi saat si wanita ini suka berolahraga. Karena itulah maka akan mudah mengalami rasa lelah saat bangun dan kemudian kekurangan gizi.



Menstruasi Gak Teratur


Tanda 1 orang atlet wanita mengalami sindrom ini adalah menstruasi yang gak teratur. Salah satu alasan menstrusi yang gak teratur ini adalah asupan nutrisi yang kurang untuk menjaga kadar hormon. Keadaan ini gak hanya terjadi pada wanita yang bertubuh kurus, tetapi juga bisa dialami oleh mereka yang bertubuh normal.


Apabila ketidakseimbangan hormon ini terus terjadi maka akan mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang yang bisa berakibat tulang patah serta osteoporosis. Keropos tulang ini bisa dialami wanita muda karena kekurangan makan dalam jangka panjang. Hal ini mudah terjadi pada atlet yang terlalu menjaga pola makan mereka.



Sering Sakit


Tanda terjangkit sindrom ini lebih lanjut merupakan sering mengalami sakit. Kekurangan nutrisi dalam tubuh akan membuat kekebalan tubuh menjadi lemah. Untuk itu, sebagai 1 orang atlet gak hanya harus mengkonsumsi jus sayuran, vitamin C atau suplemen zinc saja untuk mengisi kekurangan makan itu. Tetapi mereka juga harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup supaya gak mudah terkena flu.


Takut Makan


Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi idaman bagi setiap wanita tanpa terkecuali 1 orang atlet. Tetapi, jika untuk mendapatkan hal itu justru membuat ketakutan untuk mengkonsumsi makanan itulah yang akan menjadi masalah. Takut makan akan membuat si wanita mengalami kekurangan gizi terlebih lagi jika wanita itu adalah 1 orang atlet.


Demikianlah tanda - tanda sindrom kurang gizi yang menyerang atlet wanita. Meskipun ingin hidup sehat tetapi ada baiknya untuk memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Semoga berguna dan teruslah jaga kesehatan.

Komentar