Dua Planet Ekstrasurya Seukuran Jupiter Ditemukan Mengorbit Bintang Kembar

Dua Planet Ekstrasurya Seukuran Jupiter Ditemukan Mengorbit Bintang Kembar Dua Planet Ekstrasurya Seukuran Jupiter Ditemukan Mengorbit Bintang Kembar
Ilustrasi. Kredit: NASA
- Sebuah tim astronom Eropa telah menemukan sebuah "pertemuan keluarga" di alam semesta: bintang kembar yang masing-masing diorbiti planet ekstrasurya seukuran Jupiter.

Penemuan menarik ini terjadi ketika tim astronom Inggris, ilmuwan Swiss serta Belgia sedang memelajari sebuah bintang yang diberi nama WASP-94A.

Mereka pertama kali menemukan bukti keberadaan sebuah planet seukuran Jupiter, dan lalu sambil terus memeriksa sistem ini, mereka tidak sengaja menemukan bintang lain di dekatnya.

Penyelidikan lebih lanjut lalu mengungkapkan bahwa bintang lainnya (yang dinamakan WASP-94B) juga mempunyai planet ekstrasurya seukuran Jupiter.

Dua bintang kembar ini disebut sistem biner --sistem dengan dua bintang yang mengorbit satu sama lain-- yakni hal yang biasa di alam semesta.

Diperkirakan bahwa setengah seluruh bintang di galaksi Bima Sakti kita yakni bab dari sistem bintang biner atau bintang kembar.

Komentar