Pencarian Kehidupan Di Mars Diawali Dari Bumi

Pencarian Kehidupan di Mars Diawali dari Bumi Pencarian Kehidupan di Mars Diawali dari Bumi
Ini Mars? Bukan, melainkan gunung berapi Licancabur di Cile. Kredit: Nataliya Hora
- Danau Frigid dibombardir oleh radiasi UV sehingga mendidih, mata air asam yakni sebagian dari lingkungan ekstrim di Bumi di mana para ilmuwan berencana untuk berburu petunjuk untuk kehidupan di Mars di sana.

Didanai oleh NASA, para peneliti akan tur dalam tiga generasi ke Mars dari Bumi --ketika Mars sudah mulai dingin, berair dan laik dihuni.

Lingkungan Mars ketika ini menyerupai mirip sumber air panas di California dan Taman Nasional Yellowstone, permafrost di pulau-pulau Arktik dingin, beberapa kerikil tertua Bumi di Australia, dan danau vulkanik serta tanah di Cile.

"Kami menentukan lingkungan ini alasannya yakni kami ingin memahami gejala kehidupan di Mars pada waktu yang berbeda," kata Nathalie Cabrol, pemimpin proyek dan seorang ilmuwan riset senior di SETI Institute di Mountain View, California.

Tim SETI yang mepimpin akan ruang lingkup "biosignatures," atau bukti kehidupan, memakai instrumen yang sama dengan yang NASA rencanakan untuk disematkan pada rover Mars berikutnya pada tahun 2020.

Di Mars, petunjuk kehidupan dapat saja bersembunyi dalam batuan yang berumur lebih dari 3,5 miliar tahun. Jika lingkungan kuno planet Maes menyerupai dengan yang lingkungan kuno Bumi, maka robot penjelajah nantinya mungkin menemukan fosil tikar mikroba di Mars.

Komentar