12 Obyek Wisata Menarik Di Kulon Progo Yogyakarta

12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta, Tempat Wisata terindah - Kulon Progo merupakan nama sebuah kabupaten di Provinsi Yogyakarta. Letak Kabupaten ini yaitu sebelah barat Kota Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta mempunyai ibu kota di Wates. Kabupaten ini mempunyai batas dengan  Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudera Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Ada beberapa destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Kulon Progo ini. Dalam artikel ini kami akan mencoba membahas hanya 12 tempat wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang tentunya sangat menarik dan sanggup dijadikan salah satu tujuan wisata ketika ekspresi dominan liburan mendatang. Berikut yaitu 12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta.

12 Wisata Kulon Progo Yogyakarta Paling Menarik

1. Pantai Glagah



Obyek wisata di Kabupaten Kulon Progo yang menjadi sudah populer yaitu Obyek wisata Pantai Glagah. Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia yang terdapat di Kulon Progo. Lokasi pantai ini yaitu sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta atau kalau dari Kota Wates jaraknya 15 km. Wisata pantai di Kulon Progo ini sangat potensial sekali untuk dikembangkan lebih lanjut. Pantai Glagah ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan baik mancanegara maupun lokal terutama ketika ekspresi dominan liburan tiba.

2. Pantai Trisik



Pantai Trisik di Kulon Progo merupakan pantai yang populer dengan pemandangan alamnya berupa hamparan pantai yang luas dengan pasirnya berwarna hitam. Pantai Trisik ini dibatasi oleh muara Sungai Progo, salah satu sungai besar yang ada di Yogyakarta. Di Pantai ini terdapat banyak bahtera milik nelayan, alasannya yaitu semenjak dulu di pantai ini dijadikan sebagai transit bahtera nelayan warga setempat. Pada saat-saat tertentu anda sanggup menyaksikan secara pribadi acara dari para nelayan ini.

3. Pantai Congot



Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya yaitu Pantai Congot. Pantai Congot ini letaknya berdampingan dengan Pantai Glagah, sehingga apabila anda sudah hingga di Pantai Glagah alangkah baiknya anda juga sekalian pergi berkunjung ke Pantai Congot ini. Pantai Congot berlokasi di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Salah satu hal yang mencolok dari Pantai Congot yaitu di pantai ini merupakan sentra kegiatan para nelayan dari warga setempat. Makara di pantai ini anda sanggup dengan gampang menjumpai nelayan yang sedang membenahi perahu, menjahit jaring, dll. Nuansa perkampungan nelayan ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Congot ini.

4. Waduk Sermo



Waduk Sermo merupakan salah satu wisata pujian warga Kulon Progo Yogyakarta. Waduk Sermo Kulon Progo berada di atas sebuah perbukitan yang berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo Yogyakarta. Waduk ini mempunyai pemandangan yang sangat indah serta udara yang sejuk sehingga sangat menarik wisatawan untuk tiba mengunjunginya. Waduk Sermo ini bahwasanya dibangaun dengan tujuan utama untuk mendukung perjuangan pertanian di Kabupaten Kulon Progo. Obyek wisata Waduk di Kulon Progo ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996. Karena mempunyai pemandangan yang indah Waduk Sermo kemudian dikembangkan sebagai obyek pariwisata yang menarik.

5. Air terjun Grojogan Sewu



Nama Air Terjun Grojogan Sewu ternyata tidak hanya terdapat di Kabupaten Kranganyar Jawa Tengah, ternyata di Kulon Progo juga terdapat jeram dengan nama yang sama. Air Terjun Gorjogan Sewu di Kulon Progo terdapat di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata Air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini sanggup dokategorikan masih sepi pengunjung, alasannya yaitu memang gres dikembangkan secara serius sebagai obyek wisata sekitar tahun 2013. Destinasi Wisata ini mempunyai pemandangan jeram yang sangat indah dan menawan sehingga cocok untuk mengisi liburan simpulan pekan anda bersama kawan.

6. Puncak Suroloyo



Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang terdapat di Kulon Progo Yogyakarta. Tempat ini populer dengan pemandangannya yang indah serta adanya beberapa pertapan yang bersejarah. Dari puncak Suroloyo ini anda sanggup melihat Candi Borobudur dari atas bukit. Di Puncak Suroloyo di Kulon Progo ini terdapat 3 buat pertapan yaitu Pertapaan Suroloyo, Pertapan Sariloyo dan Pertapan Kaendran. Keberadaan PuncakSuroloyo ini tak lepas dari sebuah kisah yang menyyelimutinya. Kisah ini beraal dari goresan pena Ngabehi Yosodipuro dalam kitabnya Cabolek. Dalam kisah ini mengisahkan Mas Rangsang yang merupakan putra mahkota Kerajaan Mataram Islam yang mendapatkan wangsit apabila ingin menguasai Tanah Jawa maka dirinya harus mau menempuh perjalanan dari KEraton Mataram ke arah barat sejauh 40 km. Dalam perjalannya tersebut Raden as Rangsang hingga di Perbukitan Menoreh. Karena kelelahan ia pingsan di suatu tempat di puncak Bukit Menoreh. Dalam pingsannya Raden Mas Rangsang mendapatkan wangsit lagi biar melaksanakan tapa atau semedi di tempat ia pingsan tersebut. Tempat pingsan ini berada di Puncak Suralaya yang kemudian dibangun pertapan ini. Sedangkan Raden Mas Rangsang sendiri di kemudian hari menjadi Raja Mataram dan diberi gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Dalam masa pemerintahannya Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan.

7. Hutan Wisata Kalibiru



Tempat WIsata unggulan Kulon Progo selanjutnya yaitu Hutan Wisata Kalibiru. Hutan Wisata Kalibiru merupakan sebuah wisata alam yang terdapat di Perbukitan Menreh Kabupaten Kulon Progo. Di Wisata alam Kalibiru ini pengunjung sanggup menikmati pemandangan yang indah atau melaksanakan beberapa acara outbound yang menyenangkan. Pemandangan yang paling menarik tentunya di salah satu spot dimana kita sanggup melihat Waduk Sermo dari kejauhan. Wisata Kalibiru dibuka sekitar tahun 2008 dan konon katanya awalnya dibuka secara swadaya oleh penduduk desa setempat.

8. Goa Kiskendo



Wisata Goa Kiskendo Kabupaten Kulon Progo mengatakan pemandangan alam yang sangat menawan berupa stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa yang membentuk deretan yang sangat indah. Goa Kiskendo terdapat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Ada dongeng menarik di balik keberadaan Goa Kiskendo ini, dimana berdasarkan mitos yang dipercaya masyarakat, Goa ini merupakan tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali, dimana kisah pertempuran ini diceritakan dalam dinding goa berupa relief.

9. Kebun Teh Nglinggo



Bukan Puncak Bogor saja yang mempunyai kebun teh, ternyata Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta juga terdapat kebun teh dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Kebun teh di Kulon Progo ini berjulukan kebun teh Nglinggo. Kebun teh ini terdapat di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Pada ketika liburan banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini untuk menikmati hamparan perkebunan teh yang berwarna hijau yang indah.

10. Air Terjun Sidoharjo



Air Terjun Sidoharjo merupakan salah satu wisata alam di Kulon Progo yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi para wisatawan.  Air terjun Sidoharjo terletak di Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Air Terjun ini mempunyai tinggi sekitar 75 m, cukup tidak mengecewakan bukan ?Adanya bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar jeram akan menambah keelokan alam Air terjun Sidoharjo ini. Pada saat-saat tertentu anda juga akan sanggup menyaksikan adanya simpanse ekor panjang yang sedang berkunjung di sekitar air terjun.

11. Wildlife Rescue Center



Dilihat dari namanya, Wildlife Rescue Center merupakan sebuah tempat yang dipakai untuk menampung dan menyelamatkan beberapa satwa liar yang hampir punah. Wildlife Rescue Center dahulu berjulukan Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ) dan hingga kini masyarakat setempat masih familiar dengan nama yang usang tersebut. Koleksi binatang yang dipelihara di Wildlife Rescue Center ini kebanyakan yaitu orangutan yang ketika ini keberadaannya sangat memprihatinkan. Wildlife Rescue Center sangat cocok dipakai sebagai wisata pendidikan, apalagi di tempat ini juga sudah disediakan fasilitas seminar, training outbond, eco-wisata serta akomodasi.

12. Waduk Mini Kleco



Waduk Mini Kleco di Kulon Progo merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang ada di Kulon Progo Yogyakarta. Waduk ini terletak di dusun ngesong, desa giripurwo, girimulyo kulonprogo yogyakarta. Bentuknya memang tidak besar, tidak menyerupai Waduk Sermo, namun pemandangan di sekitar Waduk Mini Kleco ini terbilang sangat indah. Wisata alam yang kecil ini sanggup dijadikan sebagai pengisi liburan simpulan pekan bersama teman atau keluarga anda. Yang niscaya kalau anda jeli anda sanggup mendapatkan spot yang sangat anggun untuk dijadikan sebagai background foto anda. Oh ya, alasannya yaitu memang belum banyak pengunjung, di lokasi Waduk Mini Kleco ini belum banyak warung yang menjajakan makanan, sehingga alangkah baiknya kalau anda ingin berkunjung kesana, anda bawa bekal terlebih dahulu.
Baca juga Info Obyek wisata menarik lainnya :
Tempat wisata menarik di Yogyakarta

Demikian tadi 12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta. Beberapa wisata di Kulon Progo diatas sudah sangat populer di Yogyakarta sehingga banyak paket wisata di Yogyakarta yang memasukkan temat wisata di Kulon Progo sebagai salah satu destinasi wisata.

Komentar